Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Goa Pindul Jogja | Pengalaman trip yang luar biasa

Tripjogja.co.id

Goa pindul adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang identik dengan goa dengan aliran sungai dibawah tanah yang berwarna biru kehijauan. Saat menyusuri kedalam goa kita hanya duduk diban karet dan bergandengan satu sama lain hingga membentuk rentengan, lalu kita akan di bandu oleh beberapa pemandu.

Karena kondisi didalam goa sangat gelap, tim pemandu membawa sebuah lampu tembak diatas kepalanya untuk melihat rute dan menjelaskan semua batuan kapur yang ada didalam goa pindul persebut, walau didalam goa tersebut gelap, namun ketika kita sampai dipertengahan kita akan disuguhkan pemandangan yang sangat mengagumkan, yaitu pancaran cahaya matahari yang masuk dari atas goa yang berlubang lumayan luas yang berdiameter ±1.5 m sehingga membuat pemandangan didalam goa terlihat jelas dengan warna air yang hijau jernih dan batuan kapur yg sangat memanjakan mata membuat kita menjadi fresh.

Berikut beberapa hal dari goa pindul yang perlu kalian ketahui:

1. Rute dan Lokasi
Goa Gunung Pindul berada di desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya memiliki jarak kurang lebih 60 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur menuju arah Kota Wonosari, Gunung Kidul.

investor.id

2. Sejarah

Menurut sejarahnya, wisata Goa Pindul ini diresmikan pada tahun 2010, akan tetapi baru populer di kalangan wisatawan di tahun 2014. Goa Pindul memang memiliki daya tarik tersendiri berkat keeksotikannya.

Goa Pindul memiliki panjang sungai sekitar 350 meter dengan lebar gua yang mencapai 5 meter dengan kedalaman air sungai 5 meter hingga 12 meter, tergantung dari intensitas hujan.

3. Tiga Zona

Mengunjungi Goa Pindul kamu dapat menikmati keindahannya di tiga zona. Mulai dari zona terang, zona remang dan zona gelap yang bisa dinikmati dalam waktu 45 menit.

Saat berada di dalam gua, wisatawan dapat menemukan sebuah stalaktit yang menyatu dengan stalakmit, sehingga tampak seperti sebuah pilar dengan ukuran lebar. Bahkan, Goa Pindul ini memiliki stalaktit terbesar peringkat nomer 4 di dunia.

4. Harga Tiket

Harga tiket wisata Goa Pindul cukup terjangkau, hanya Rp 35.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 50.000 untuk wisatawan mancanegara.

5. Fasilitas

Fasilitas yang disediakan di wisata Goa Pindul ini adalah jaket pelampung hingga ban tubing. Selain itu, fasilitas parkir juga cukup luas yakni area parkir luas dengan kapasitas 30 unit bus, area parkiran mobil lebih dari 50 unit dan parkir sepeda motor khusus yang berada di dalam ruangan.

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan, terima kasih atas kunjungannya jangan lupa tinggalkan jejak dikolom komentar.
Katon
Katon Sebuah kesuksesan tak luput dari kegagalan "Yakin aja pasti bisa" :)

2 comments for "Goa Pindul Jogja | Pengalaman trip yang luar biasa"

  1. Keren mas saya juga orang jogja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas, jika ada kekurangannya mohon maaf y mas, silahkan bisa menambahkan dikolom komentar mas, biar pengunjung lain yg blm tau bisa tambah tau. Terima kasih atas kunjungannya

      Delete